25 November 2020

Sama- sama dibuka tahun 2021, ini Perbedaan CPNS, PNS dan PPPK?

 

Perbedaan CPNS, PNS dan PPPK?




Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB sekaligus juru bicara kemenPANRB, Andi Rahadian mengatakan, pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS 2021 dan pengawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Andi mengatakan ,CPNS 2021 dan PPPK akan dibuka dengan jumlah formasi lebih banyak dari 2019 Namun, Sudah Tahukah Kamu Perbedaan CPNS,PNS dan PPPK?

DEFINISI

CPNS adalah Calon Pegawai Negeri Sipil ,yang jika memenuhi persyaratan dan lolos ujian maka CPNS akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS. PNS dapat mengisi seluruh jabatan ASN, memiliki jenjang karir, dan bisa menempati hingga jenjang pimpinan utama .

Sementara itu, PPPK adalah WNI yang memenuhi syarat tertentu,yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas jabatan pemerintahan.

STATUS

PNS berstatus pegawai tetap sedangkan PPPK merupakan pegawai kontrak dengan jangka waktu tertentu.

GAJI

Perpres Nomor 98 Tahun 2020 mengatur besaran gaji dan tunjangan PPPK sama dengan PNS di instansi pemerintahan pusat dan daerah. Besarannya didasarkan pada golongan.

Perpres ini juga mengatur bahwa PPPK juga berhak mendapat kenaikan gaji berkala dan istimewa Dalam Pasal 3 Ayat 3 peraturan itu disebutkan, teknis kenaikan gaji diatur dalam permenPAN-RB

TUNJANGAN

Tunjangan bagi PPPK sama dengan tunjangan PNS pada instansi pemerintah tempat PPPK bekerja.

Tunjangan tersebut di antarannya tunjangan keluarga, tunjangan pangan,  tunjangan jabatan structural, tunjangan jabatan funsional,dan/atau tunjangan lainnya.

DANA PENSIUN

PNS berhak mendapat dana pensiun sedangkan PPPK tidak memiliki hak untuk mendapat dana pensiun.

Dari perbandingan ini, kamu lebih  pilih daftar CPNS atau PPPK?


No comments:

Post a Comment

RINCIAN FORMASI CPNS/ PPPK TIAP KABUPATEN/KOTA DI NTT TAHUN 2024

  RINCIAN FORMASI CPNS/ PPPK TIAP KABUPATEN/KOTA DI NTT TAHUN 2024 Pemerintah Rencana akan membuka penerimaan ASN Tahun 2024 akan dilangsung...