27 March 2020

TIPS MEMBUAT CV LAMARAN KERJA


TIPS MEMBUAT CV LAMARAN KERJA

Selama ini, penulisan CV tidak terlalu dianggap rumit. Banyak pelamar kerja yang hanya sekedar copy-paste format penulisan CV dari contoh CV lamaran kerja di internet. Alhasil, CV yang ditulis terkesan monoton dan tidak akan menarik perhatian HDR atau siapapun yang membacanya. Dengan CV yang sudah tidak menarik dari awal, akan sangat kecil kemungkinannya si pelamar kerja bisa lolos ke tahap wawancara.


Tidak dapat dipungkiri bahwa langkah awal untuk bisa bekerja di perusahaan impian adalah dengan menyertakan curriculum vitae ke HRD (Human Resources Development) Perusahaan yang Anda lamar. Melalui CV inilah, para HRD akan menyeleksi Anda terlebih dahulu untuk memudahkan dalam mengevaluasi dan mengetahui kompetensi para pelamar. Tentu kamu tidak mau  usaha dan upaya kerja keras kamu mendapatkan pekerjaan terhenti sampai di screening atau shortir CV. Nah, supaya hal tersebut dapat kamu lalui hingga proses interview berikut beberapa informasi penting  yang dapat kamu terapkan dalam membuat riwayat hidup yang keren supaya menarik perhatian HRD. Apa saja langkahnya, simak penjelasannya berikut ini.
Profil serta garis besar kehidupan dan pengalaman bekerja Anda juga tergambarkan di dalamnya, yang mana hal tersebut dijadikan sebagai referensi bagi pihak perusahaan yang akan mewawancarai Anda.
1. Deskripsikan dirimu singkat, padat, dan jelas
Biasanya ketika membuat CV ada banyak kekeliruan menjelaskan detail personal identitas dengan selengkap-lengkapnya. Well, sebagai informasi yang diperoleh dari salah satu consultant cv writing bahwa ketika menulis personal indentitas pribadi di CV, Kamu hanya perlu menyebutkan dan menjelaskan informasi penting saja. Coba ceritakan siapa diri kamu dalam satu paragraf, artinya informasi tersebut adalah sudah merangkum dan menjelaskan siapa kamu.
2. Informasi pendidikan terakhir
cara membuat cv yang menarik
Banyak kesalahan saat melamar pekerjaan, di mana semua riwayat pendidikan ditulis. Kamu mungkin akan berpikir bahwa CV akan terlihat menarik jika semua riwayat pendidikan disertakan, namun HRD hanya akan fokus dengan dua pendidikan terakhir kamu. Infokan dengan detail mengenai riwayat pendidikan terakhir kamu dan usahakan ditulis dengan cara yang kreatif.
3. Informasi skill di sesuaikan dengan posisi yang akan dilamar
cara membuat cv yang menarik
Kembali lagi HRD hanya membutuh waktu kurang dari 5 menit untuk membaca keseluruhan CV kamu, sebaiknya cantumkan skill yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Intinya, informasi yang perlu kamu sampaikan adalah sesuatu yang bersifat singkat, padat, dan jelas, sesuai dengan jabatan yang dilamar. Contohnya, misal saat ini kamu melamar untuk posisi writer, tentunya skill yang kamu tulis adalah yang berhubungan dengan bidang penulisan, seperti SEO, content writer, atau sejenisnya.
4. Informasi Juga pengalaman bekerja terakhir
Jika kamu freshgraduate yang masih mencari kerja, tentunya pengalaman kerja kamu belum banyak. Apalagi benar-benar belum memiliki pengalaman kerja. Jika kamu pernah mengikuti kegiatan magang atau pun freelance baiknya di informasikan. Menjadi nilai plus apabila kegiatan magang atau freelance sesuai dengan posisi yang kamu lamar.
Sebaiknya informasikan dengan cukup singkat dan jelas mengenai riwayat pekerjaan kamu. Dan sebaiknya juga jika kamu memiliki riwayat pengalaman bekerja yang cukup banyak, ada baiknya ngga perlu kamu informasikan semuanya. Cukup informasikan riwayat pengalaman bekerja terbaru dan pekerjaan yang memiliki korelasi dengan posisi yang saat ini kamu lamar.
5. Informasi contact person dicantumkan dengan jelas
Kesalahan fatal yang harus kamu hindari saat melamar kerja baik melalui email atau mengirim hardcopy perlu menjadi kewajiban alamat email tersebut harus domain resmi email kamu, seperti bayupribadi@yahoo.com. Gunakan domain email resmi dan hindari domain email kantor saat ini kamu bekerja atau email yang sifatnya nggak serius, contoh susan_sweat@yahoo.com. karena jika mengirimkan surat lamaran kerja melalui email resmi kantor, kamu di cap sebagai pribadi yang tidak bertanggung jawab dalam mempergunakan fasilitas kantor yah seperti salah satunya email kantor saat ini kamu bekerja. Nomor telepon yang di cantumkan juga adalah nomor yang valid. Seperti nomor HP atau nomor telepon rumah. Lagi, jangan cantumkan nomor tlp kantor atau lain sebagainya.
6. Hobby dan minat yang sesuai dengan posisi yang dilamar
Infokan hobby dan minat yang sejalan dengan posisi saat ini kamu lamar. Maka, ada baiknya hobi dan minat yang tidak sejalan dengan pekerjaan yang dilamar nggak perlu kamu infokan. Hal ini untuk menghindari gagal paham oleh HRD.
7. Jangan terlalu jujur dan berlebihan
Aturan dalam menulis CV yang profesional adalah jangan terlalu jujur, apalagi terkesan berlebihan. Karena biasanya jika informasi yang kita cantumkan terlalu berlebihan akan menjadi tanda tanya besar bagi pihak HRD. Sehingga, biasanya akan dilakukan validasi untuk memastikan informasi yang kamu cantumkan. Cantumkan saja informasi yang standar sesuai dengan bidang pekerjaan kamu lamar saat ini yang ada juga korelasi dengan posisi sebelumnya, dan pencapaian yang pernah kamu dapatkan sesuai dengan bidang pekerjaan itu.
8. Jangan Tulis Sesuatu yang Bukan Fakta dalam CV
Kadang, untuk memberi kesan wah pada CV, kamu kemudian jadi “mengarang indah”. Sesuatu yang bukan fakta  justru kamu masukkan ke dalam CV. Plis ingat kalau salah satu cara membuat CV lamaran kerja yang baik adalah dengan jujur dan apa adanya. Contoh, kamu gak ngerti apa-apa nih soal Ms. Excel tapi kamu tetap nekad menulis “menguasai Ms. Excel” di CV kamu. Percaya deh, semua yang kamu tulis di CV akan diverifikasi oleh HRD. Kalau pas wawancara kamu suruh praktek bikin laporan pake Ms. Excel atau mempraktekkan “fiksi” yang kamu bikin di CV, tamat sudah! Makanya, biasa aja! Kalau bukan fakta, jangan masukkan CV.

SEMOGA BERMANFAAT

No comments:

Post a Comment

RINCIAN FORMASI CPNS/ PPPK TIAP KABUPATEN/KOTA DI NTT TAHUN 2024

  RINCIAN FORMASI CPNS/ PPPK TIAP KABUPATEN/KOTA DI NTT TAHUN 2024 Pemerintah Rencana akan membuka penerimaan ASN Tahun 2024 akan dilangsung...