20 December 2018

Rekrutmen P3K akan Dimulai Tahun Depan


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin saat Konferensi Pers bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Jakarta Selatan, pada hari Rabu (19/12/2018) menjelaskan bahwa rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dilakukan dengan sangat terbuka atua transparan, karena diselenggarakan secara umum yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat dengan batas usia maksimal dua tahun sebelum batas usia pensiun dari jabatan yang akan dilamar. Selain itu PPPK / P3K diharapkan dapat merekrut tenaga profesional dengan tujuan meningkatkan SDM di Indonesia terutama yang memiliki usia di atas 35 Tahun yaitu batas usia rekrutmen CPNS. “Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) terbuka untuk seluruh profesi ahli yang dibutuhkan secara Nasional dan sangat berpeluang untuk tenaga honorer yang telah lama mengabdi,” tutur Syafruddin.
Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana yang  hadir dalam acara tersebut menngatakan bahwa teknis penyusunan kebutuhan PPPK/P3K sama dengan teknis penyusunan kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), di mana instansi/lembaga yang mengusulkan kebutuhan ke Kementerian PANRB kemudian BKN memberikan pertimbangan teknis pada Kementerian PANRB terkait kebutuhan formasi tersebut. Bima juga menambahkan jika kebutuhan formasi tersebut juga disesuaikan dengan ketersediaan alokasi belanja pegawai Daerah yang tidak lebih dari 50%.
Sedangkan Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja menyatakan bahwa rekrutmen PPPK/P3K  akan terbagi menjadi 2 (dua) fase rekrutmen. Fase pertama akan dilaksanakan pada pekan keempat (4) bulan Januari 2019, selanjutnya fase kedua (2) akan diselenggarakan setelah Pemiluhan Umum (pemilu)  pada Bulan April tahun 2019. adapula pada tahun 2019  akan kembali dibuka penerimaan CPNS yang bertujuan  memenuhi kebutuhan pegawai terutama bidang Pendidikan dan Kesehatan yang akan memasuki usia pensiun pada tahun 2019.

Sumber : www.bkn.go.id                                                                     

No comments:

Post a Comment

RINCIAN FORMASI CPNS/ PPPK TIAP KABUPATEN/KOTA DI NTT TAHUN 2024

  RINCIAN FORMASI CPNS/ PPPK TIAP KABUPATEN/KOTA DI NTT TAHUN 2024 Pemerintah Rencana akan membuka penerimaan ASN Tahun 2024 akan dilangsung...